Petugas kesehatan hewan membawa vaksin untuk disuntikkan ke ternak..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Jawa Tengah Butuh 6 Juta Vaksin PMK, Baru Dikirim 77 Ribu

Selasa, 28 Juni 2022 - 16:41 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah mencatat populasi hewan ternak sapi dan kerbau di wilayah ini mencapai 2,1 juta ekor. Namun begitu, hingga saat ini vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah diterima di Jateng baru 77.000 dosis, yang terdiri 1.500 dosis kiriman pertama dan 75.500 dosis kiriman kedua.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, dengan jumlah populasi 2,1 juta ekor, maka dibutuhkan sekitar 6 juta dosis vaksin karena satu ekor divaksin tiga kali.

"Beberapa item tadi kita sampaikan kepada kawan-kawan dinas setelah rapat dengan Menko Marves agar dilakukan percepatan karena faktanya memang kebutuhan vaksin kita masih jauh dari yang ada," ungkap Ganjar di rumah dinasnya, Senin (27/6/2022).

Ia menambahkan, sudah dilakukan komunikasi dengan Kementerian Pertanian terkait cara menambah stok vaksin PMK agar percepatan bisa dilakukan.

"Kita butuh kira-kira 6 jutaan vaksin karena akan ada tiga kali. Maka saya minta carikan vaksinnya ada di mana. Tadi keputusannya Kementan sudah ada ahlinya untuk melakukan atau membuat vaksin sendiri. Kalau perlu impor ya impor tetapi tadi diperintahkan oleh Menko Marves dicari produk yang dalam negeri. Sejauh mana bisa dilakukan sehingga kita akan bisa melakukan isolasi atau karantina-karantina," katanya.

Pihaknya juga sedang menghitung kebutuhan PCR, lab, dan peralatan, serta obat-obatan yang dibutuhkan. Ia meminta agar ada hitungan total terkait semua kebutuhan itu. Selanjutnya bicara terkait pendanaan, setiap kabupaten/kota dan provinsi sedang menyiapkan anggaran untuk penanganan PMK.

"Sumber dana dari pusat akan ada PEN yang akan dikeluarkan, tadi ada kurang lebih Rp 4,6 triliun dan sedang dibicarakan dengan Menteri Keuangan. Daerah juga menyiapkan baik di level kabupaten/kota maupun provinsi," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:14
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
Viral