Vaksinasi hewan ternak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Cegah Penyebaran PMK di Pati, 4.000 Hewan Ternak di Vaksinasi

Rabu, 29 Juni 2022 - 17:01 WIB

Pati, Jawa Tengah - Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendapatkan 4.000 dosis vaksin dari Kementerian Pertanian RI untuk pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Setelah mendapatkan penyaluran vaksin, mulai hari Selasa (28/6/2022) vaksin tersebut disuntikan kepada ternak yang sehat di daerah-daerah yang menjadi endemis untuk mengatasi endemi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Pati. 

Bupati Pati Haryanto mengatakan, selain bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemkab Pati juga akan memberikan dukungan melalui anggaran yang ada untuk pemberian vaksin PMK kepada peternak.  

“Alhamdulillah kita sudah mendapat bantuan vaksin dari pemerintah pusat, tapi jumlahnya baru sekitar empat ribu dosis. Nanti akan kita suport dengan pembelian dari Pemda untuk mengatasi PMK. Tapi yang kita utamakan yang sehat dulu, karena yang sehat jangan sampai tertular dengan yang sakit,” katanya, Rabu (29/6/2022). 

Haryanto menegaskan, 4.000 vaksin tersebut tidak dialokasikan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pati. Melainkan hanya di beberapa kecamatan yang masuk dalam kategori endemi. Yaitu diantaranya di Kecamatan Juwana, Cluwak dan seterusnya.

"Vaksinasi PMK ini lebih diprioritaskan kepada ternak-ternak yang sehat, meski sebelumya juga sudah dilakukan di Kecamatan Juwana dan Cluwak serta kecamatan-kecamatan yang temuan kasusnya banyak," tegasnya. 

Diharapkan dengan penyuntikan vaksin bagi hewan yang sehat, PMK tidak merambah ke ternak lainnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral