Pedagang hewan kurban antara lain di Kecamatan Patebon Kendal, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Dampak PMK, Penjualan Sapi di Kendal Menurun dan Pedagang Tambah Ongkos Vitamin

Senin, 4 Juli 2022 - 21:09 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Akibat dampak penyakit mulut dan kuku atau PMK, penjualan hewan kurban oleh sejumlah pedagang Kendal, Jawa Tengah, jadi menurun dibanding tahun lalu.  Pedagang mengeluh penjualan sapi untuk kurban mengalami penurunan hingga 30 persen.

Dampak PMK sangat dirasakan pedagang hewan kurban antara lain di Kecamatan Patebon Kendal. Salah satu pedagang, Edi mengatakan, hingga sepekan jelang Idul Adha, ia baru menjual 45 ekor sapi. Tahun lalu pada periode sama, penjualan sapi untuk kurban bisa mencapai 80 ekor.

"Turunnya sampai 30 persen lebih. Selain masalah PMK, stok sapi dari peternak juga menurun, sehingga harga jual menjadi naik karena stok terbatas, sementara persaingan antara pedagang tetap sama," jelas Edi, Senin (4/7/2022).

Ia menambahkan, harga sapi di tingkat pedagang kurban di Patebon Kendal berkisar antara 17 juta rupiah hingga 35 juta rupiah per ekor menyesuaikan ukurannya.

"Harga tersebut sudah ditambah dengan biaya perawatan sapi yang meningkat karena harus diberi vitamin dan obat-obatan agar tidak terkena PMK," ungkap Edi.

Adanya PMK juga membuat pembeli harus ekstra waspada. Mereka jadi lebih detil memilih sapi yabg akan dibeli agar mendapatkan sapi sehat.

"Ya kan salah satu syarat hewan kurban harus sehat. Makanya ya sekarang harus jeli," kata Sulaemi, salah satu warga yang akan membeli hewan kurban. (Tjs/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:10
01:25
17:29
03:50
01:56
06:42
Viral