Pedagang cabai dan bumbu dapur di Pasar Bitingan Kudus, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Jelang Idul Adha, Harga Cabai di Kudus Melejit Hingga Rp 95.000 Per Kilogram

Selasa, 5 Juli 2022 - 12:40 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Jelang Hari Raya Idul Adha harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, melejit. Seperti pada komoditas cabai dan bawang merah. Harga cabai saat ini bahkan menembus Rp95 ribu per kilogram.

Dari pantauan di Pasar Bitingan Kudus, Selasa (5/7/22) harga sejumlah komoditas masih tinggi. Terutama pada harga cabai yang melejit hingga menembus angka tertinggi. 

Tutik Asiani, salah satu pedagang pasar Bitingan mengatakan cabai merah keriting saat ini bertahan di harga Rp 90 ribu rupiah per kilogram, dari sebelumnya di kisaran Rp 45 ribu rupiah perkilo.

Untuk cabai rawit biasa kini di harga Rp 45 ribu rupiah dari sebelumnya 15 ribu rupiah perkilo, sementara yang paling tinggi mengalami kenaikan pada cabai rawit merah setan yakni di harga Rp 95 ribu perkilo dari sebelumnya di harga Rp 60 ribu perkilo.

Kenaikan harga cabai mulai menonjol sekitar satu pekan terakhir atau menjelang hari raya Idul Adha. Karena harga yang masih mahal jumlah pembeli pun mengalami penurunan. Selain itu, pembeli juga memilih mengurangi porsi belanja dari biasanya.

“Cabai sekarang naik terus sudah semingguan lebih. Paling mahal cabai rawit setan Rp 95 ribu per kilo, sebelumnya Rp 60 ribu perkilo. Pembeli menurun ini karena mahal,” ujar Tutik, Selasa (5/7/2022).

Selain komoditas cabai bahan-bahan bumbu dapur dan sayuran lainnya juga mengalami kenaikan rata-rata mencapai 10 ribu rupiah per item nya. Seperti bawang merah, kol, dan bumbu dapur lainnya.  Bawang merah yang semula di harga Rp 50 ribu kini melejit hingga Rp 70 ribu per kilogram.

Pedagang terpaksa menaikkan harga karena dari tengkulak harganya sudah tinggi. menurut mereka, kenaikan harga dipicu lantaran iklim cuaca yang tidak menentu yang mempengaruhi kualitas barang, serta sejumlah petani juga mengalami gagal panen.

“Dari petani pasokannya kurang. Banyak yang gagal panen karena cuacanya yang nggak mendukung, jadi petaninya gagal panen” tutup Tutik. (Gml/Buz)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
02:32
Viral