Kerajinan bambu menjadi salah satu produk yang dipamerkan dalam Kalongan Expo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Kalongan Expo Dongkrak Kebangkitan Ekonomi UMKM Masyarakat Desa

Minggu, 14 Agustus 2022 - 20:07 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Setelah ditiadakan selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang kembali menggelar Kalongan Expo dan Fest untuk kali kedua.

Dalam pameran tahun 2022 ini, terdapat 50 stan UMKM, baik dari kerajinan, budaya, maupun kuliner. Acara ini digelar sebagai upaya pemerintah desa untuk meningkatkan dan mengembalikan gairah perekonomian masyarakat.

“Event ini kita gelar selama 3 hari yang dimulai hari Jumat (12/8/2022) kemarin hingga Minggu (14/8/2022). Harapannya, banyak masyarakat berkunjung ke kegiatan ini dan memberikan perputaran ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan Kalongan Expo juga diramaikan pentas kesenian, baik tradisional maupun modern. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kepala Desa Kalongan, Yarmuji, Minggu(14/8/2022).

Kegiatan tersebut diharapkan bisa mengangkat potensi Desa Kalongan serta menjadi ajang promosi UMKM agar bisa memberikan efek menyeluruh bagi masyarakat, terutama peningkatan perekonomian.

Jayuni, pengrajin aneka kerajinan berbahan dasar bambu mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan ini.

"Senang sekali bisa berpartisipasi, apalagi kemarin pandemi membuat kami terguncang karena tak ada pesanan yang masuk. Harapannya dengan adanya expo ini bisa menggairahkan kembali usaha kerajinan dan pesanan kembali mengalir," ungkap Jayuni yang juga merupakan warga Kalongan.

Sementara itu, Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengatakan, pameran bisa menjadi salah satu jembatan bagi masyarakat untuk memasarkan produknya dan dikenal oleh konsumen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral