Perajin piala di kampung piala Kudus, Jawa tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

HUT Kemerdekaan RI ke 77, Perajin Piala di Kudus Banjir Pesanan

Senin, 15 Agustus 2022 - 16:54 WIB

Kudus, Jawa Tengah – Maraknya lomba yang digelar dalam menyambut hari Kemerdekaan RI yang ke-77 membawa berkah bagi para perajin piala, di Kampung Ledok, Kudus, Jawa Tengah. Di desa yang dikenal sebagai kampung piala tersebut mayoritas pengrajin mengalami peningkatan pesanan cukup drastis.

Keberadaan kampung piala sudah dikenal sejak puluhan tahun silam. Pelopor perajin piala tersebut yakni Parwito, yang kini namanya masih terpampang di usaha perajin piala Dusun Ledok, Kabupaten Kudus. Hanya saja kini sudah generasi kedua yang diteruskan anaknya Jafar.

Dibantu dengan enam orang pekerja, lokasinya yang berada di gang sempit pemukiman padat penduduk tersebut tak pernah sepi oleh pelanggan yang berdatangan untuk memesan.

Selain berbagai piala mulai bahan plastik susun, akrilik, maupun bahan kayu, Jafar juga membuat berbagai cinderamata maupun pernak-pernik perlengkapan sekolah, pramuka hingga wisuda.

"Kalau berbicara soal awal perajin ya dari sini awalnya. Kemudian banyak sodara, tetangga sekitar kemudian berkembanglah kampung piala disini hingga sudah banyak dikenal masyarakat luas," kata Jafar saat ditemui wartawan baru-baru ini.

Hingga kini jumlah perajin piala di kampung piala terdapat sekitar 25 perajin. Jumlah tersebut berkurang akibat pandemi Covid-19, dimana tanpa adanya kegiatan produksi membuat para perajin alami kesulitan untuk berkembang.

Kini jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi para perajin piala untuk bangkit. Geliat ekonomi kembali bergairah setelah sejumlah perajin alami peningkatan pesanan untuk berbagai kegiatan masyarakat dalam semarakan HUT RI ke 77.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral