Perayaan hari Pramuka ke-61 tahun 2022, Narapidana di Lapas Kelas I Semarang, Senin (15/8/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Peringatan Hari Pramuka ke-61, Narapidana Lapas Semarang Jadi Petugas Upacara Bendera

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:22 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Dalam rangka memperingati hari Pramuka ke-61 tahun 2022, narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menjadi petugas upacara bendera dengan menggunakan seragam pramuka lengkap.

Rangkaian awal kegiatan ini dipusatkan di lapangan Serbaguna dan diikuti para pegawai dan perwakilan narapidana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Senin (15/8/2022).

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Lapas Semarang mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 kepada seluruh adik-adik anggota pramuka Lapas Semarang. Ia menjelaskan pelaksanaan upacara ini sebagai upaya dalam menumbuhkan nasionalisme dan cinta tanah air.

Sebenarnya, lanjut Kalapas, bukan hanya pada momen hari Pramuka saja dilaksanakan upacara namun pihaknya juga tetap melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin yang diikuti narapidana. Ia berharap dalam hari pramuka ini para narapidana bisa menjadikan generasi yang lebih baik.

"Dengan peringatan Hari Pramuka, kita harus tetap semangat, produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda yang terbaik," ujar Tri Saptono Sambudji.

Selain itu, dalam momen perayaan ini, tim pramuka Lapas Semarang juga dilatih untuk mengawasi jalannya pelaksanaan kunjungan tatap muka keluarga narapidana di lapas.

"Mereka kita latih untuk mengabdi dan melayani para keluarga narapidana yang berkunjung ke Lapas. Dengan membawakan barang bawaan makanan, pengecekan berkas kunjungan serta pengawasan area kunjungan," jelasnya.

Kalapas juga berpesan kepada narapidana untuk selalu mengisi kegiatan positif selama di Lapas yaitu dengan pembinaan kepribadian dalam bidang kepramukaan. Sebagai informasi, Gugus Depan 07.131 yang berpangkalan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang telah terbentuk sejak tanggal 12 Agustus 2015 yang telah dikukuhkan oleh Dewan Kehormatan Kwartir Cabang Kota Semarang. (Dcz/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral