Lapas Kelas I Semarang saat memberikan remisi umum kemerdekaan kepada narapidana, Rabu (17/8/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

719 Narapidana di Lapas Kelas I Semarang Terima Remisi Kemerdekaan

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:21 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Momentum HUT Kemerdekaan RI ke 77, ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang, Jawa Tengah mendapat remisi umum kemerdekaan, Rabu (17/8/2022).

Kepala Lapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan bahwa 719 narapidana Lapas Kelas I Semarang yang mendapatkan remisi telah memenuhi syarat substantif dan administratif.

"Mereka wajib berkelakuan baik dengan dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir," ujar Tri Saptono Sambudji.

Sedangkan ada narapidana tindak pidana korupsi yang mendapat remisi. Akan tetapi napi tersebut sudah membayar lunas denda dan uang pengganti.

“Ada juga 3 narapidana teroris yang mendapatkan remisi. Mereka telah mengucapkan Ikrar Setia terhadap NKRI dan mengikuti program pembinaan dengan baik di Lapas," jelasnya.

Lebih lanjut, Kalapas merinci ratusan narapidana terdiri dari 368 kasus pidana umum, 336 kasus narkoba, tiga kasus teroris, dan dua belas kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Yang mendapatkan remisi beragam mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan dan 5 orang langsung bebas karena telah selesai menjalani masa pidananya," terangnya.

Ia menambahkan, remisi yang diberikan sesuai peraturan yang telah ditetapkan yaitu dengan melampirkan laporan perkembangan pembinaan sesuai dengan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN).

Sementara itu, Surat Keputusan (SK) remisi tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada perwakilan narapidana.

“Kami ucapkan selamat kepada narapidana yang telah mendapatkan remisi. Di lapas telah diberikan pembinaan kepribadian dan kemandirian dengan harapan bisa menjadi bekal saat bebas nantinya,” imbuh Ganjar. (Dcz/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral