Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menjelaskan terkait dampak kenaikan harga BBM, Senin (5/9/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Pemprov Jateng Kerahkan Tim Pengendali Inflasi Terkait Dampak Kenaikan Harga BBM

Selasa, 6 September 2022 - 07:53 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengerahkan tim pengendali inflasi daerah untuk melakukan input data harga komoditas secara realtime. Hal itu sebagai langkah awal untuk pengendalian inflasi sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Tadi kita sambung dengan rapat di tingkat Forkompimda bersama kabupaten/kota. Mereka kita minta untuk mengisi data harga komoditas harian agar kita bisa tahu kondisi inflasi yang terjadi pada saat itu," kata Ganjar setelah mengikuti rapat koordinasi secara virtual bersama Mendagri Tito Karnavian di Mapolda Jawa Tengah, Senin (5/9/2022).

Dengan cara itu, lanjutnya, bisa langsung melakukan tracing terkait apakah kesulitan bahan baku, apakah transportasi sistem atau ada faktor x yang dibereskan. Selain itu, kepolisian dan kejaksaan juga menyiapkan pengawalan dalam sisi law enforcement. 

"Saya meminta seluruh tim pangan daerah untuk aktif memantau perkembangan harga komoditas pangan, semuanya on. Kita akan kawal semuanya termasuk stok BBM yang harus terisi, yang harus ada dan tidak boleh ada yang menyelewengkan itu," tegasnya.

Mengenai stok BBM, kata Ganjar, kepolisian dan TNI juga sudah memerintahkan agar ada penjagaan di setiap SPBU dan tempat BBM. Hal itu dilakukan agar masyarakat mendapatkan suplai yang pas dan tidak ada penyelewengan.

"Kapolda tadi pagi sudah mengumumkan dioperasi semuanya dan sudah ada yang tertangkap. Artinya publik tidak boleh main-main dalam situasi sulit seperti ini," jelas Ganjar. (Tjs/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral