Nur Rahman berbaris bersama pelaku penyelewengan BBM bersubsidi di Mapolrestabes Semarang.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Pemuda Asal Cilacap Oplos Pertalite Jadi Pertamax Bermodal Serbuk Ini, Jangan Tiru Kalau Tak Mau Berurusan dengan Polisi

Selasa, 6 September 2022 - 09:35 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Nur Rahman, warga Cilacap Jawa Tengah, berdiri berbaris bersama puluhan pelaku penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) dari berbagai daerah. Mereka dikumpulkan oleh Kapolda Jateng di halaman Mapolrestabes Semarang, Senin (5/9/2022). Ada 66 orang yang diciduk polisi akibat melakukan perbuatan penyelewengan BBM, dari penimbunan solar hingga memalsukan BBM bersubsidi pertalite menjadi pertamax.

Salah satunya, ya, si Nur Rahman tadi. Akal-akalan yang ia lakukan sebenarnya sederhana. Ia melihat celah adanya perbedaan harga yang cukup banyak antara Pertalite dengan Pertamax, hampir Rp5 ribu per liter. Maka ia kemudian cari cara agar Pertalite yang ia beli bisa menyerupai Pertamax. Setelah itu ia jual sebagai Pertamax dengan selisih harga yang lumayan.

Caranya?

"Jadi kuncinya di serbuk pewarna. Kalau bau kan bensin itu hampir sama ya. Maka Pertalite saya beri campuran serbuk pewarna sehingga menjadi biru persis seperti warna Pertamax. Satu jeriken itu cukup satu sendok makan bubuk saja," jelas Nur.

Untuk bisa mendapatkan Pertalite yang sebenarnya tidak boleh dibeli dengan jeriken, maka ia mengaku kongkalikong dengan operator SPBU. Harga pertalite (sebelum naik) Rp7.650, ia berani beli Rp9.000. Selain itu,ia juga memberi tip kepada operator Rp5.000 per jeriken.

"Ambilnya siang. Sehari bisa 15 jeriken masing-masing 33 liter. Ya biar lancar kita kasih lah operatornya itu lima ribu rupiah per jeriken. Lalu saya angkut pakai motor," ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah Pertalite ia kasih pewarna jadi mirip Pertamax, kemudian ia jual ke pengecer di kampung-kampung dengan harga antara Rp11.000 hingga Rp11.500 per liter 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral