Pelaksanaan bimtek petani di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (19/09/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Panen Berlimpah, Produk Pertanian Wonosobo Didorong Mampu Dominasi Pasar Nasional dan Internasional

Senin, 19 September 2022 - 21:56 WIB

Wonosobo, Jawa Tengah – Hasil pertanian di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah sangat berlimpah terutama holtikultura, bahkan beberapa komoditas bisa menjadi produk unggulan skala nasional.

Mengingat lebih dari 30 persen wilayah Wonosobo didominasi oleh lahan pertanian, maka produk pertanian bisa menjadi produk utama untuk menopang perekonomian warga.

Hal tersebut disampaikan oleh Vita Ervina, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan Dapil Jawa Tengah VI, saat pelaksanaan bimbingan teknis Akselerasi Ekspor Produk Pertanian di Kabupaten Wonosobo, Senin (19/09/2022). 

“Bahkan, beberapa komoditas menjadi produk unggulan secara nasional. Melihat peluang itu, maka kami mencoba bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jateng, dan Pemkab Wonosobo untuk meng-upgrade SDM para petani,” ujar Vita Ervina. 

Bimtek yang diikuti para kelompok tani yang ada di daerah Wonosobo, Vita berharap dengan SDM petani di Wonosobo yang unggul maka ke depan kesejahteraannya akan semakin meningkat. Sehingga bisa mendominasi pasar produk pertanian, baik didalam maupun luar negeri.

Berbagai macam komoditas seperti sayuran, kentang, salak, beras organik dan berbagai jenis holtikultura lainnya sangat banyak di wilayah Wonosobo. Sehingga para petani perlu diberikan pemahaman bahwa hasil pertanian harus memiliki mutu baik dan dapat bersaing dikancah internasional.

“Tak hanya kualitas baik saja agar bisa diekspor, namun untuk bersaing di dalam negeri pun, jumlah pasokan dan harga yang lebih terjangkau harus mendominasi. Apalagi persaingan luar negeri sangat ketat, harus lebih dari itu,” ujar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral