Pedagang tahu tempe di Temanggung, Senin (10/10/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Purnomo

Kedelai Impor Mahal, Harga Tahu Tempe di Temanggung Naik, Ukurannya Juga Makin Kecil

Senin, 10 Oktober 2022 - 10:15 WIB

Temanggung, Jawa Tengah - Tidak hanya harganya yang naik, namun ukuran tahu dan tempe di Temanggung, Jawa Tengah, semakin mengecil. Hal tersebut merupakan imbas dari mahalnya harga kedelai impor.

Imbas dari kenaikan harga kedelai impor mengakibatkan kenaikan harga tahu dan tempe di berbagai daerah. Para produsen tahu tempe di Temanggung berinisiatif menekan kerugian dengan menaikan harga, atau memperkecil ukuran tahu tempe.

Di Pasar Tradisional Kliwon Temanggung, para pembeli maupun penjual menjerit lantaran harga tahu tempe naik, namun ukuran nya di perkecil. Warsi, pedagang tahu mengatakan, selain harganya naik, namun barang yang ia terima dari pabrik kini ukurannya juga semakin kecil.

Selain membuat sepi pembeli, hal tersebut juga berdampak pada turunya omset pendapatan, yang biasanya mendapat Rp. 600.000 per hari, kini hanya mendapat Rp. 200.000 per harinya.

"Tahu dan tempe rata rata naiknya seribu, udah harganya naik ukuran di perkecil, ga cuma tahu tempe juga. Saya ambil barang dari pabrik, yang dulunya tiga ribu sekarang empat ribu. Dampaknya ya pembeli jadi sepi, biasanya sehari dapet enam ratus ribu, sekarang cuma dua ratus ribu." Kata Warsi.

Baik tahu ataupun tempe, mengalami kenaikan rata-rata mencapai Rp. 1.000, dari harga semula Rp. 3.000, kini menjadi Rp. 4.000 untuk tahu per bungkus dan tempe per batang.

Susi Handayani, yang merupakan salah satu pembeli, mengaku sangat keberatan dengan kondisi ini, dan berharap adanya sidak dari pemerintah agar hal ini lekas teratasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral