Rumah warga yang rusak akibat tanah bergerak di Desa Plumbon, Karangsambung, Kebumen, Senin (10/10/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Puluhan Rumah Warga di Kebumen Rusak Akibat Tanah Bergerak

Senin, 10 Oktober 2022 - 21:38 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Sebanyak 31 rumah warga di Dukuh Rawabayem, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, rusak parah akibat fenomena tanah bergerak pasca diguyur hujan selama dua hari yang terjadi pada Sabtu (8/10/2022) lalu.

Kerusakan rumah warga seperti dinding rumah retak dan lantai hancur karena tanah ambles. Bahkan, ada salah satu rumah warga yang sudah menggantung pondasinya akibat tanah longsor.

Sumi Purwanti (45) salah seorang warga mengatakan kejadian tanah bergerak ini baru kali ini terjadi. Tiga hari pasca diguyur hujan deras kemarin tanah di lingkungan dirinya tinggal tiba-tiba bergerak dan ambles. 

Sumi mengaku sejak dirinya lahir dan tinggal disini baru kali ini terjadi tanah bergerak. Rumahnya mengalami retak pada dinding bagian depan, kamar tidur, dan dapur.

"Tiga hari ini mas, setelah hujan kemarin tanah disini tiba-tiba bergerak, dibagian sebelah sana ambles. Akibatnya rumah saya pada retak-retak," jelas Sumi.

Sumi dan warga lainnya terpaksa memilih bertahan dirumah mereka karena tak ada lagi tempat tinggal lain yang bisa ia tempati bersama keluarganya. Kini dirinya hanya bisa berharap bantuan dari pemerintah daerah, khawatir tanah bergerak sewaktu-waktu akan terjadi lagi dan membahayakan bagi warga desa.

"Mau pindah kemana mas, adanya tinggal disini, gak ada pilihan lain. Jadi ya terpaksa bertahan meski rumah sudah rusak. Semoga pemerintan bisa membantu agar kami bisa tinggal dengan tenang disini," ucap Sumi berharap.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral