Proses Evakuasi Pendaki Gunung Sumbing.
Sumber :
  • Purnomo Gujiih

Cuaca Buruk, Petugas Evakuasi Puluhan Pendaki Gunung Sumbing Satu Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Hiportermia

Selasa, 11 Oktober 2022 - 05:46 WIB

Temanggung, Jawa Tengah - Akibat cuaca buruk, puluhan pendaki Gunung Sumbing di Temanggung, Jawa Tengah terpaksa dievakuasi, satu orang pendaki juga dilarikan ke rumah sakit karena alami hipotermia dan kelelahan.

Satu orang pendaki bernama Muhamad Ilham, warga Desa Tembarak, Temanggung ini terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena pingsan, pendaki ini pingsan sesampai di basecamp bimawari pendakian gunung sumbing di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Temanggung, Senin malam 10 oktober 2022.

(Proses Evakuasi Pendaki Gunung Sumbing yang Alami Hiportermia)

Diduga pendaki tersebut mengalami kelelahan dan hipotermia akibat cuaca buruk saat melakukan pendakian. Ia dan rombongan sejumlah 25 orang juga terpaksa dievakuasi oleh tim sar, karena sebelum mencapai puncak gunung terjadi hujan lebat yang disertai angin.
 
Ahmad Saiful, salah satu rombongan pendaki tersebut mengatakan, dirinya dan rombongan melakukan pendakian sejak hari minggu kemarin. Namun ketika belum mencapai puncak, terjadi cuaca buruk dan dihimbau untuk turun ke basecamp bimawari oleh petugas.
 
Ahmad Saiful juga mengaku, bahwa kondisi rekannya saat naik dan turun gunung masih baik. Namun sampai di basecamp tiba-tiba rekanya yang bernama Muhamad Ilham tersebut mengalami pingsan, diduga akibat kelelahan dan kedinginan sehingga pingsan.
 
“yang dibawa kerumah sakit tadi akibat kelelahan dan kedinginan, awalnya kondisi anak itu fit berjalan paling depan terus pas turun pun gitu. Gejalanya itu awalnya panas, setelah panas terus menggigil” kata Ahmad Saiful.
 
Sejak hari sabtu pekan kemarin, sedikitnya ada empat rombongan yang melakukan pendakian di gunung sumbing. Hingga saat ini, tim sar masih mengevakuasi dari rombongan pendaki lain yang diduga tersesat dan salah satu anggota dari rombongan tersebut di kabarkan terjatuh dari tebing. (pro/ade)
 
 
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral