Petugas sedang masang anting di telinga sapi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Mudahkan Pemantauan Kesehatan Ternak, Ratusan Sapi di Batang Dipasangi Anting

Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:54 WIB

BatangJawa Tengah - Ratusan sapi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah telah dilakukan pemasangan anting atau ear tag pada bagian telinga. Hal itu bertujuan agar memudahkan untuk mengetahui identitas dari sapi secara online mulai jenis kelamin hingga informasi telah mendapatkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Petugas Paramedis Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Batang Imamudin Ahmad mengatakan, dalam ear tag itu terdapat kode Batang yang dapat discan untuk mengetahui informasi lengkap dari sapi.

“Kita bisa mengetahui jenis kelamin, umur sapi dan nama pemiliknya. Termasuk memudahkan jika sapi sudah divaksin atau belum,” kata Imamudin Ahmad, ditemui di salah satu peternakan sapi, di Desa Rowobelang, Kabupaten Batang, Rabu (19/10/2022).

Ear tag dapat langsung dipasang ke telinga sapi, meski baru mendapat vaksin PMK dosis pertama.

Salah satu peternak sapi, Sukardi menyampaikan, setelah keenam ekor sapinya divaksin dan diberi tanda, membuat perasaan lebih tenang karena dapat dipastikan bebas dari penyebaran PMK.

“Terima kasih sapi-sapi saya sudah dipasang anting dan divaksin, berarti sudah bebas dari penyakit. Jadi kalau ada pembeli makin mudah karena sudah yakin bebas PMK,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dislutkanak Batang Windu Suriadji menerangkan, penandaan ear tag itu sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral