Informasi Gempa Cilacap (Sumber : BMKG)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

Cilacap Diguncang Gempabumi 2 Kali, BMKG Imbau Ini

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 11:12 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Gempabumi dengan kekuatan magnitudo (M) 4.7 mengguncang perairan wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022).

Gempa ini terletak dengan koordinat 8.33 LS, 109.09 BT, dengan jarak dari bibir pantai 67 kilometer tenggara Cilacap, dengan kedalaman 19 kilometer.
Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam rilis tertulis menyampaikan bahwa gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia terhadap lempeng Eurasia. Gempa bumi ini dirasakan di Cilacap, Kebumen, dan Yogyakarta.

Berselang satu jam setelah gempabumi pertama yang terjadi sekitar pukul 08.02 WIB, gempabumi susulan pun kemballi mengguncang perairan Cilacap, kini guncangan lebih kecil dibandingkan gempa pertama, data dari BMKG, gempabumi ini berkekuatan M 3.2, dengan titik lokasi gempa berada di 114 kilometer barat daya, dengan kedalaman 9 kilometer.

Menurut salah satu warga, gempa gempabuni ini terasa namun tidak terlalu kencang, hanya seperti adanya kendaraan lewat, namun ada pula warga yang menyampaikan bahwa gempabumi ini tidak terasa, walaupun warga berada di tengah kota atau berada dekat sekitar pantai.

"Tidak terlalu terasa gampanya, bahkan saya kira bukan gempa itu," ujar Hana, salah satu warga kepada tvonenews.com.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi dengan kekuatan M 4.7, maupun gempabumi susulan dengan kekuatan M 3.2. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan. (Isa/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral