Warga bergotong royong membersihkan material lumpur sisa banjir, Selasa (27/12/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Slamet Prayitno

Puluhan Rumah Warga di Grobogan Rusak Diterjang Banjir, 10 Diantaranya Roboh

Selasa, 27 Desember 2022 - 21:43 WIB

Grobogan, Jawa Tengah - Banjir yang melanda sejumlah desa di empat kecamatan Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, terjadi pada Senin (26/12/2022) malam.Wilayah kecamatan yang terendam banjir diantaranya Kecamatan Geyer, Pulokulon, Kradenan dan Klambu.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan tercatat sebanyak sepuluh rumah beserta perabotan dan dua ekor sapi hanyut terseret derasnya arus. Di samping itu puluhan rumah juga mengalami kerusakan akibat terjangan banjir bandang.

"Banjir juga mengakibatkan tanah milik warga amblas tergerus aliran sungai Asemrudung ,akibatnya  puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal dan mengungsi di rumah tetangga dan juga kerabat." jelas Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih, Selasa (27/12/2022).

Dijelaskan Endang, musibah banjir bandang yang menggenangi permukiman sudah berangsur surut pada Senin (26/12/2022) malam sekitar pukul 21.30. Meski demikian, Endang mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya mengingat cuaca yang kurang bersahabat akhir-akhir ini.

Dari pantauan pada Selasa (27/12/2022) usai banjir surut, warga dan petugas gabungan bergotong royong membersihkan material sisa banjir yang melanda pemukiman mereka.

"Banjir di seluruh desa sudah surut. Kami harap warga untuk berhati-hati dan berkoordinasi dengan aparat dan pemdes setempat. Tim sudah melakukan assessment dan memberikan bantuan logistik," pungkas Endang.

Dari wilayah yang terendam banjir, lokasi banjir yang terdampak serius ada di Kecamatan Geyer. Tujuh rumah serta dua sapi hanyut di Desa Bangsri dan tiga rumah hanyut di Desa Asemrudung. Belasan rumah lainnya rusak serta beberapa rumah roboh dan uang tunai jutaan rupiah terbawa arus banjir bandang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
Viral