Longsor di Blora sebabkan satu rumah rata dengan tanah dan dua terancam ambruk, Kamis (29/12/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Agung Wibowo

Longsor di Blora Sebabkan Satu Rumah Rata dengan Tanah dan Dua Lainnya Terancam Ambruk

Kamis, 29 Desember 2022 - 16:35 WIB

Blora, Jawa Tengah – Hujan deras yang masih mengguyur Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sebabkan satu rumah rata dengan tanah akibat longsor dan dua diantaranya terancam longsor. Hingga kini, Kamis (29/12/2022) longsoran tanah masih terus terjadi.

Longsor terjadi akibat meluapnya air sungai lusi yang mengakibatkan pergerakan tanah di sekitar rumah warga. Satu rumah ambruk setelah tanah terus mengalami pergerakan secara terus menerus.

Widhi Ari Sunan, pemilik rumah yang ambruk mengungkapkan bahwa longsor terjadi pertama kali pada awal Desember 2022 lalu. Tanah yang berada di belakang rumahnya itu tergerus pelan-pelan. Namun karena semakin parah, pihaknya lalu memindahkan barang-barang yang ada di rumah untuk diselamatkan.

"Kami memindahkan barang-barang baru sehari dua hari, itu sudah tidak sempat dipindahkan semua, rumahnya sudah roboh. Akhirnya rumah kita robohkan sekalian, dari pada narik rumah kanan kiri dan jalan," tutur Widhi, Kamis (29/12/2022).

Widhi menjelaskan bahwa hujan yang terjadi pada Senin malam (26/12/2022) lalu menurutnya menambah parah longsor yang menimpa rumah yang ditempatinya, termasuk dua rumah yang ada di samping kanan kiri rumahnya.Atas robohnya rumah itu saat ini Widhi mengungsi di rumah neneknya.

Sementara itu Parlan, salah satu warga mengaku hingga saat ini terpaksa masih menempati rumah yang terancam longsor. Dirinya  merasa was – was jika terjadi hujan kembali. Parlan dan keluarga terpaksa masih bertahan di rumahnya, lantaran tidak memiliki tempat untuk mengungsi.

Untuk menghindari longsor susulan, dirinya mengatakan sudah berupaya untuk mencegah longsoran tersebut dengan membuat pemancang dari bambu dan tumpukan tanah yang ditaruh di karung. Namun upaya tersebut tidak bisa mengatasi beban longsor yang hampir tiap hari terjadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral