Ilustrasi - Hujan lebat.
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh Sutrisno

Waspada! 15 Wilayah di Jateng Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Kamis, 19 Januari 2023 - 09:05 WIB

Jawa Tengah, tvOnenews.com - Hujan lebat diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Sebagian besar adalah wilayah yang berada di bagian tengah dan pegunungan.

Data BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang yang dirilis pada hari ini, Kamis (19/1/2023), keadaan cuaca di Jawa Tengah pada pagi hari umumnya berawan, dan terjadi hujan ringan di sebagian pesisir barat. Pada siang hingga awal malam umumnya juga hujan ringan.

Sedangkan yang berpotensi hujan lebat berada di sepanjang wilayah pegunungan, sebagian Solo Raya, sebagian Jateng Timur, dan sekitarnya. Di wilayah itu terdeteksi ada 15 daerah yang berpotensi hujan lebat. Yaitu Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Surakarta, Klaten, Sragen, Salatiga, Grobogan, Blora, Kajen, Slawi, Bumiayu, dan Majenang.

Sementara untuk wilayah ibukota Jateng Semarang dan sekitarnya diprakirakan hujan ringan, kecuali Ungaran yang berpotensi hujan sedang.

Suhu udara secara umum di Jateng berkisar 23-33 derajat celsius, kelembaban udara 60-95 persen, serta kecepatan angin permukaan antara 10 - 35 km/jam dengan arah angin selatan - barat laut.

Prakiraan cuaca ini berlaku pada Kamis 19 Januari 2023 pukul 07.00 - 19.00 WIB. 

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dan lain-lain. Dampak yang dapat ditimbulkan antara lain banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, dan pohon tumbang," info forecaster on duty BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, M.S Fuad. (tjs/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral