Pengendara motor di Semarang melintas disaat hujan deras..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Waspada, Hujan Lebat Hari Ini Berpotensi Guyur Pantura Barat-Tengah, Kedu dan Banyumas

Rabu, 25 Januari 2023 - 10:16 WIB

Semarang, Jawa Tengah - BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prospek cuaca di Jawa Tengah  tanggal 25 Januari 2023. Diprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat dengan periode kejadian yang relatif singkat dan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Jawa Tengah.

Kondisi cuaca ekstrem ini terutama diprediksi terjadi di wilayah pegunungan dan dataran tinggi, Pantura Barat - Tengah, wilayah Eks Karesidenan Banyumas, Jateng Timur dan sebagian Solo Raya seperti Kota Surakarta, Sragen, Karanganyar, dan Boyolali yang berada di aglomerasi Solo Raya.

Kemudian untuk wilayah pegunungan dan dataran tinggi ada Magelang, Wonosobo, Temanggung, Mungkid, Ungaran, dan Salatiga. Sedangkan daerah Jateng bagian barat ada eks Karesidenan Banyumas ada Purbalingga, Banjarnegara, dan Purwokerto, Bumiayu, dan Majenang

Untuk Pantura Barat - Tengah yang berpotensi diguyur hujan lebat adalah Slawi, Pemalang, Kajen, Batang, dan Kendal. Sedangkan untuk Jateng timur ada Grobogan dan Blora.

Potensi hujan sedang hingga lebat bisa terjadi pada siang hingga sore hari. BMKG akan memberitahukan perubahan cuaca pada jam-jam berikutnya berdasarkan pengamatan dinamika atmosfer yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Umumnya kecepatan angin berkisar 10 - 25 km/jam yangbbertiul dari arah selatan - barat laut. Suhu udara berkisar 23 - 32 derajat celsius, dan kelembaban udara 65 - 95 persen.

"Mohon bantuan kepada BPBD dan pihak terkait dapat meminta kepada masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor," imbau Noor Jannah, prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Rabu (25/1/2023)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral