Kondisi longsor yang terus melebar di Dusun Bandungan, Desa Kalongan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Tanah Bergerak Terus Melebar, Warga di Disekitar Longsor Kalongan Diminta Waspada

Senin, 30 Januari 2023 - 23:19 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Longsor akibat tanah bergerak di Dusun Bandungan, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang masih terus terjadi dan menggerus jalan Arjuna yang menghubungkan Ungaran - Mranggen hingga terputus.

Aliran longsor saat ini mulai meluas meski hasil pemantauan geologi di lokasi longsor belum ditemukan retakan- retakan baru yang mengarah ke permukiman masyarakat. Meski demikian Fenomena geologi yang terjadi masih bisa menjadi ancaman di kemudian hari.      

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah telah melakukan upaya pengamatan dan penelitian mengenai pemicu tanah bergerak yang menyebabkan longsor, tenyata diketahui jauh di kaki lereng longsoran terdapat sungai.

" Penelitian difokuskan ke lokasi tersebut. Namun fenomena pergerakan tanah hingga kemarin masih terjadi, sehingga kami minta diturunkan tim geolistrik air tanah," kata Sujarwanto Dwiatmoko, Senin (30/1/2023).

Dikatakan lebih lanjut oleh Sujarwanto, setelah melihat ke arah kampung, maka target berikutnya, setelah jalan memang sulit diselamatkan, Jangan sampai terjadi ancaman kepada permukiman di sekitarnya.

" Setelah dilakukan pengamatan di permukiman terdekat atau di atas mahkota longsoran tidak ada retakan. Artinya tidak ada pertumbuhan mahkota baru ke atasnya. Ini bukan berarti aman, tetapi ancaman terhadap wilayah permukiman di selatan longsoran ini rendah," imbuhnya.

Meski demikian masyarakat diminta berhati- hati untuk menjaga drainasenya agar tidak banyak mengimbuh air dan sekaligus tetap waspada karena ancaman longsor bisa saja terjadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral