Inovasi EMS AI Karya 5 Siswa SMAN 2 Surabaya Raih Penghargaan Internasional.
Sumber :
  • tvOne - sandi Irwanto

Hebat, Inovasi EMS AI Karya 5 Siswa SMAN 2 Surabaya Raih Penghargaan Internasional

Minggu, 19 Februari 2023 - 10:52 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Prestasi gemilang diraih lima siswa SMA Negeri 2 Surabaya diajang inovasi teknologi yang digelar di Bangkok, Thailand. Prestasi para siswa ini melalui inovasi berupa Elderly Monitoring System with Artificial Intelligence atau EMS AI berhasil mendapat dua penghargaan internasional sekaligus.

Pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. Kali ini lima siswa SMA Negeri 2 Surabaya berhasil meraih dua penghargaan internasional sekaligus. Kelima siswa yang berprestasi ini adalah Muhammad Rezqy Agung, Fazil Sabillarasyad, M ThufailAddausy,  Ayman Nawwaf Alfina dan Hernawan Santosa.

Penghargaan internasional ini didapat setelah inovasi berupa elderly monitoring system with artificial intelligence atau ems ai memikat para juri di ajang Bangkok Internasional Intellectual Property, invention,  innovation and technology exporitio atau ipitex.

Inovasi karya  lima siswa ini adalah sistem monitoring berbasis ai atau kecerdasan buatan. Fungsinya bisa mengawasi orang tua yang hidup mandiri tanpa keluarga di rumah.

Alat ini dilengkapi sistem sensor gerak,  sensor suhu,  sensor pintu dan detak jantung, sehingga bisa mengawasi aktivitas orang di dalam rumah tanpa menggunakan cctv.

“Inovasi ini sengaja tidak menggunakan sistem cctv karena untuk menjaga privasi orang yang ada di rumah,” ungkap Hernawan Santoso, salah satu siswa peraih penghargaan internasional.

Di dalam inovasi ini ada data yang tersimpan di data base, oleh sistem AI lantas diolah sebagai kebiasaan rutin yang dilakukan orang tua.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral