plengsengan setinggi 6 meter longsor.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Plengsengan Setinggi 6 Meter di Kabupaten Magetan Longsor, Rusak Rumah Warga

Minggu, 19 Februari 2023 - 20:56 WIB

Magetan, Jawa Timur - Akibat cuaca buruk dan hujan ekstrem sejak sepekan terakhir, sebuah plengsengan penahan pondasi rumah setinggi 6 meter dengan lebar 15 meter di Kelurahan Parang, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, longsor menimpa rumah Parmin (55) warga setempat, Sabtu (18/2) sekitar pukul 01.30 Wib.

Beruntung, Parmin  yang mendengar adanya suara retakan dan gemuruh plengsengan ambrol, langsung lari menyelamatkan anak dan istrinya, yang terlelap tidur di kamar. 

“Awalnya itu memang hujan lebat mas, sejak kemarin hujan terus, pas saya baru pulang dari pengajian saya di rumah itu dengar suara gemuruh dari samping. Saya lari ke belakang saya tarik anak istri saya, pas tembok kamar itu jebol. Alhamdulillah semua selamat,” kata Parmin. 

Plengsengan yang longsor ini tak hanya menjebol tembok rumah, namun juga menghancurkan kamar tidur, ruang tamu beserta seluruh isinya. Mulai dari lemari, meja, kursi, dan televisi hancur tertimpa tembok. 

“Seperti yang dilihat mas hancur tembok samping, kamar tertimbun, sama perabotnya, ruang tamu juga,” imbuhnya.

Sementara, Sabtu (18/2) kemarin puluhan warga dibantu anggota BPBD dan Polsek Parang berjibaku mengevakuasi material plengsengan yang longsor berupa tanah, batako dan juga batu yang menimbun kamar tidur dan ruang tamu.

Minggu (19/2) pagi BPBD Kabupaten Magetan memberikan bantuan terpal, untuk menutup sementara plengsengan yang longsor, agar tidak terjadi longsor susulan, ketika kembali diguyur hujan lebat. Selain itu juga bantuan paket sembako dan selimut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral