tradisi Keleman, warga rebutan Gunungan hasil bumi.
Sumber :
  • tim tvone - hartono

Tradisi Keleman di Tuban, Warga Rebutan Gunungan Hasil Bumi

Selasa, 21 Februari 2023 - 18:54 WIB

Tuban, Jawa Timur - Puluhan warga di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, berdesakan beradu tangkas, merebut aneka buah dan sayur hasil panen petani setempat. Aneka buah yang dibentuk seperti gunungan berisi pisang, nanas, terong, kacang kulit, polo pendem, serta aneka sayuran itu, dijadikan rebutan menandai dimulainya tradisi ritualkeleman’, yang digelar di lokasi wisata Sendang Asmoro Desa Ngino.

Ritual diawali dengan mengarak gunungan setinggi 3 meter, keliling desa menggunakan tandu. Arak-arakan yang diikuti oleh pejabat pemerintah desa, tokoh masyarakat dan warga, dimulai dari kantor balai desa menuju sumber mata air Sendang Asmoro, yang berjarak sekitar satu kilometer.

‘Keleman’ adalah tradisi bagi petani di desa setempat, yang dikhususkan untuk tanaman padi, sebagai tanda sebentar lagi saatnya dilakukan panen raya, yang disering disebut warga, ‘ngrujaki’ padi.

Bagi warga Ngino, tradisi keleman diperingati setiap tahun sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan hasil panen padi.

“Tujuan dilaksanakannya keleman adalah sebagai bentuk perwujudan rasa syukur petani, atas semua anugerah yang diberikan yang Maha Kuasa, dengan harapan hasil panen bisa berlimpah,” jelas Wawan Hariyadi, Kepala Desa Ngino.

“Kegiatan Keleman kali ini, tahun ini ada tambahan konsep berupa kirab gunungan, dengan rute lebih panjang. Hal ini dilakukan dengan maksud sebagai bentuk dukungan Wisata Sendang Asmoro dengan atraksi budaya,” lanjutnya.

Selain mengarak gunungan buah dan sayur, warga juga membawa makanan khas yang dibuat sendiri yang mereka sebut jajanan pleret (jajanan dari tepung berbentuk menyerupai ulat).
Adapun makanan-makanan tersebut, sebagai simbol hama tanaman yang bisa dianalogikan sebagai bentuk pengendalian, terhadap hal-hal yang mengganggu agar panen petani dapat sukses dan melimpah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral