limbah medis hiv berserakan di TPS Bangkalan.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Puluhan Limbah Medis HIV Berserakan di TPS Bangkalan, Ditemukan Petugas Pengangkut Sampah

Rabu, 22 Februari 2023 - 09:53 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - Puluhan limbah medis berserakan di sebuah Tempat Pembuangan Sampah sementara (TPS) di Bangkalan, Madura. Kantong darah yang beredar di video amatir, bertuliskan unit transfusi darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangkalan, bahkan, sebagian kantong darah tersebut bertuliskan keterangan HIV.

Limbah medis bercampur aduk dengan limbah lainnya, diketahui petugas kebersihan dari dinas lingkungan hidup setempat, saat hendak mengangkut sampah rumah tangga di TPS yang berada di pinggir jalan raya Junuk, Bangkalan.

"Petugas kami menemukan pagi hari saat hendak melakukan pengangkutan," kata Yudistiro, Kabid Pengelola Sampah DLH Bangkalan (21/2).

Setelah diketahui limbah berbahaya, petugas kebersihan kemudian membawa kantong darah berbahaya ini ke rumah sakit Bangkalan.

"Petugas kebersihan, lalu membawa dan diamankan. Setelah itu kami titipkan ke pihak RSUD Bangkalan, karena disana sudah ada izin terkait penyimpanan limbah medis," lanjutnya.

Yudistiro menuturkan, kejadian ini bukan kali pertama. Pada tahun 2021 lalu sempat terjadi yang serupa, hingga saat ini kembali terjadi.

"Kejadian pernah terjadi pada tahun 2021 lalu, tahun 2022, tidak ada, dan tahun ini kembali terjadi," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
05:05
03:27
01:36
06:06
01:05
Viral