limbah medis berserakan di TPS.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Limbah Medis Dibuang di TPS, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan : Usut Tuntas Kasus Ini

Rabu, 22 Februari 2023 - 15:25 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - Pacsa puluhan limbah medis berupa kantong darah bertulisan HIV dibuang di Tempat Pembuangan Sampah sementara (TPS) di Jalan Junuk, Bangkalan, Madura, menjadi sorotan publik, pembuangan limbah medis di TPS rumah tangga sangat berbahaya bagi warga sekitar. Atas adanya kasus limbah medis membuat Junaidi, anggota komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan yang membidangi kesehatan angkat bicara.

Menurut Junaidi dirinya menyayangkan terkait limbah medis tersebut. Apalagi ada kantong darah bertuliskan HIV, yang sangat mengkhawatirkan masyarakat.

"Saya menyayangkan mas, sampah medis berserakan di tempat sampah tersebut. Apalagi ada kantong darah bertulisan HIV. Kan bisa membahayakan masyarakat Bangkalan, apalagi banyak warga yang mencari sampah," terangnya, Rabu (22/2).

Lanjutnya, para pelaku yang sengaja membuang limbah medis sembarangan harus diproses secara hokum.

"Kalau ada pelaku yang memang sengaja melakukan pembuangan limbah medis secara sengaja bisa diproses secara hukum, dan saya minta kepada pihak kepolisian, agar kasus ini diusut tuntas, karena sampah medis bukan kali ini terjadi di Bangkalan, sudah 2 kali di temukan,” terangnya. 

Rencananya pada hari ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi D akan melakukan pemanggilan terhadap pihak PMI terkait limbah tersebut.

Sebelumnya, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan menemukan puluhan kantong darah dan peralatan donor di TPS Junok. Dari limbah B3 yang ditemukan terdapat tulisan HIV pada salah satu kantong darah. Kini limbah tersebut telah diserahkan ke RSUD Syamrabu Bangkalan untuk ditangani lebih lanjut. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral