komplotan pencuri kabel optic ditangkap.
Sumber :
  • tim tvone - hartono

Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Kabel Optic di Tuban

Rabu, 22 Februari 2023 - 17:29 WIB

Tuban, Jawa Timur - Setelah beberapa pekan sempat menjadi buron petugas, akhirnya empat pelaku komplotan pencuri yang kerap menggasak kabel optik dan kabel listrik, di area galeri Batubara PT Semen Indonesia, Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, berhasil diringkus petugas Satreskrim Polres Tuban.

Pelaku masing-masing adalah Irawan, Darjo, Tarmin, dan Nurkholis, warga sekitar perusahaan. Bahkan dua pelaku diantaranya merupakan security perusahaan yang seharusnya bertugas menjaga seluruh aset. Pencurian tersebut dilakukan pada pertengahan Februari 2023 lalu. Irawan dan Darjo yang merupakan orang dalam, berperan sebagai otak sekaligus memastikan situasi aman, sehingga aksi pencurian yang dijalankan selalu aman dan tanpa takut diketahui.

Kasus ini terbongkar setelah perusahaan melapor kepada Satreskrim Polres Tuban, dan berdasarkan penyelidikan, pelaku berjumlah lima orang. Empat diantaranya berhasil ditangkap, pada tanggal 17 Februari 2023 lalu, sedang satu lainnya masih dalam pengejaran.

Sebagai barang bukti, polisi mengamankan potongan kabel dan dua unit sepeda motor yang digunakan para pelaku menjalankan aksinya.

Menurut petugas, aksi pencurian ini bukan kali pertama, diduga komplotan ini telah berulang kali menggasak berbagai jenis kabel di sekitar lokasi dengan kerugian mencapai 225 juta rupiah.

“Kami masih terus mengebangkan penyidikan, karena disinyalir mereka sudah berulang kali melakukan pencurian yang sama, hingga mencapai kerugian 225 juta,” ungkap AKP Gananta, Kasat Reskrim Polres Tuban.

Para pelaku, kini harus mendekam dalam sel tahanan mapolres Tuban, mereka akan dijerat pasal 363 KUHP. (htn/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
Viral