Bawaslu Kabupaten Blitar gelar Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Pastikan Hak Pilih Warga, Bawaslu Kabupaten Blitar Geliatkan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih

Senin, 27 Februari 2023 - 20:01 WIB

Blitar, tvonenews.com - Bawaslu Kabupaten Blitar menyiagakan seluruh jajaran pengawas pemilu dalam patroli pengawasan kawal hak pilih. Tak hanya mendirikan posko kawal hak pilih di kantor, namun para pengawas pemilu dari tingkat Kabupaten Blitar hingga desa, juga wajib melakukan patroli pengawasan untuk mengawal hak pilih, Senin (27/02). 

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan patroli pengawasan kawal hak pilih para pengawas pemilu di semua jajaran akan berpatroli ke tengah masyarakat, untuk menjaga hak konstitusional yang telah memenuhi syarat menjadi pemilih agar tercatat dalam daftar pemilih. 

"Jangan sampai ada warga negara yang memenuhi syarat tidak tercatat dalam daftar pemilih," jelasnya.

Patroli pengawasan kawal hak pilih ini dilakukan di 22 kecamatan, 248 desa atau kelurahan di Kabupaten Blitar, sesuai dengan kearifan lokal dan peta kerawanan wilayah masing-masing. 

"Seluruh wilayah terutama pada kelompok rentan, lokasi terpencil, kaum disabilitas, juga masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU," imbuhnya.

Jajaran Pengawas Pemilu juga diharapkan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit, hingga pemungutan suara. 

Untuk menandai kesiagaan, Bawaslu Kabupaten Blitar menggelar Apel Patroli Pengawasan Hak Pilih, di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Blitar Jalan Ahmad Yani 42, Kota Blitar. (min/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral