pupuk subsisi urea langka.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Pupuk Subsisi Urea Langka, HKTI Probolinggo Ajak Petani Beralih ke Pupuk Organik dan Bogash

Kamis, 9 Maret 2023 - 16:15 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah mulai mengurangi stok pupuk bersubsidi jenis Urea, untuk lahan pertanian di Indonesia. Tak ayal, terbatasnya jumlah pasokan pupuk bersubsidi di sejumlah agen itu menyebabkan harga pupuk menjadi mahal. Dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp225 ribu per kuintal, kini banyak dijual dengan harga Rp450-550 ribu per kuintal.

Choiriah, salah satu petani asal Desa Sumur, Kecamatan Besuk, Probolinggo mengatakan, sudah tidak mampu membeli pupuk bersubsidi di luar ketentuan HET, Kamis (9/3). 

"Saya tidak mampu menebus jatah pupuk bersubsidi di agen, karena harga sama dengan pupuk non bersubsidi," katanya.

Lebih lanjut Choiriah menambahkan, kondisi seperti ini sudah lama terjadi dan tak pernah mendapatkan solusi serta tindakan tegas oleh pihak terkait.

"Harganya sangat mahal mas, saya tidak mau membeli pupuk subsisdi dengan harga sama non subsidi. Penjual terlalu banyak mengambil keuntungan dari kebutuhan petani," tambahnya.

Sementara itu, Agus Sholahudin, Sekretaris HKTI Probolinggo menyampaikan, untuk mengatasi kelangkaan dan mahalnya pupuk bersubsidi di pasaran, Himpunan Kerukuanan Tani Probolinggo melakukan sosialisasi pada petani di wilayah Besuk setempat.

"Sebagai alternatif kebutuhan pupuk yang sebelumnya memakai pupuk kimia, agar beralih ke pupuk organik dan Bogashi berbahan alami," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
02:02
01:18
01:54
01:26
Viral