Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Kalijaga Dusun Jatipandak, Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.
Sumber :
  • antara

Aktivitas Puluhan ODGJ Ikuti Pondok Ramadhan di Jombang, Ini Kegiatannya

Rabu, 29 Maret 2023 - 14:44 WIB

Jombang, tvOnenews.com – Selama bulan suci Ramadhan, Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Kalijaga Dusun Jatipandak, Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang menggelar kegiatan pondok Ramadhan untuk meningkatkan kegiatan keagamaan. Berbeda dengan pondok lain, santri di pondok ini adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

M Imam Nurul Zudha selaku Pengasuh Pesantren Sunan Kalijaga Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang mengatakan, selama Ramadhan ini, mereka menjalani rehabilitasi diajak untuk lebih banyak belajar agama.

"Untuk anak-anak yang rehabilitasi dengan gangguan kejiwaan, sebisa mungkin pada Ramadhan ini ada pelatihan-pelatihan keagamaan, yang menggugah kembali ingatannya," katanya di Jombang, Rabu (29/3).

Imam mengatakan, mereka bisa belajar lagi tentang bacaan surat pendek, termasuk mengikuti shalat tarawih. Selain itu, juga bisa dengan kegiatan keagamaan lainnya, termasuk shalat berjamaah.

"Semakin banyak latihan, semakin banyak akan mengingatkan mereka. Ini pelan-pelan mengembalikan memori mereka, sehingga bisa pulih," ujar dia.

Imam menambahkan, membimbing mereka yang menjalani rehabilitasi tidak sama dengan membimbing orang normal karena perlu kesabaran. Mereka yang ikut rehabilitasi tersebut tidak bisa dipaksa untuk mengikuti kegiatan keagamaan.

"Seperti puasa atau kegiatan keagamaan lainnya, mereka harus mau menjalani sendiri tanpa harus dipaksa," kata dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral