satwa langka Elang Jawa, berhasil dievakuasi relawan perisai hutan.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Satwa Langka Seekor Elang Jawa, Berhasil Dievakuasi Relawan Perisai Hutan di Paiton Probolinggo

Sabtu, 8 April 2023 - 11:21 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com – Relawan penjaga Hutan Binor, Paiton, Kabupaten Probolinggo, berhasil mengevakuasi seekor Elang Jawa yang tak sengaja tertangkap oleh warga sekitar hutan.

Evakuasi itu dilakukan, untuk mengembalikan dan menjaga kelestarian satwa liar di kawasan hutan binor. Karena Elang Jawa sebagai satwa endemik dan populasinya sangat rentan di kawasan setempat.

Zainal Abidin, Ketua Perisai Hutan, sebuah komunitas relawan penjaga dan pelestari hutan menyampaikan, pihaknya mendapat informasi tersebut dari warga sekitar, Sabtu (8/4).

“Kami datangi dan dialog, ternyata yang bersangkutan tidak mengetahui jika satwa elang jawa yang tertangkap ini merupakan satwa langka atau dilindungi. Yang bersangkutan kemudian mau memberikan satwa itu,” terangnya.

Penyerahan satwa itupun dilakukan pagi tadi. Elang jawa dengan nama latin ‘Nisaetus Bartelsi’ ini kemudian diserahkan kepada pihak terkait yakni perlindungan satwa langka.

"Burung Elang Jawa ini langsung diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Probolinggo, di Jalan Mastrip Kota Probolinggo," imbuhnya

Evakuasi Elang Jawa ini pun, menjadi salah satu dari sekian kali upaya penyelamatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral