Adanya Dua Bibit Siklon 98S dan 90W, BMKG Juanda Memberikan Imbauan Waspada Cuaca Ekstrim.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Adanya Dua Bibit Siklon 98S dan 90W, BMKG Juanda Memberikan Imbauan Waspada Cuaca Ekstrim

Minggu, 9 April 2023 - 12:02 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Adanya dua bibit siklon 98S dan 90W, BMKG Juanda memberikan himbauan waspada cuaca ekstrim dan gelombang tinggi di wilayah dan perairan Jawa Timur.

BMKG Juanda memberikan keterangan bibit siklon tropis tidak bergampak langsung, namun masih berpotensi terdapat potensi cuaca ekstrim dan potensi bencana hidrometeorologi level waspada di Jawa Timur pada sepekan ke depan.

Menurut kepala BMKG Juanda, Taufiq Hermawan citra satelit Himawari-9 kanal Enhanced-IR menunjukkan adanya aktivitas konvektif yang kuat dalam 12 jam terakhir. Bahkan, tampak pusat sirkulasi paras bawah yang semakin lebih terorganisir.

"Data scatterometry baru-baru ini menunjukkan area kecil dengan kecepatan angin 45-55 km/jam (25-30 knot) di utara dan timur. Kondisi medan angin menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di lapisan bawah hingga menengah (850-500 mb) dengan kecepatan angin berkisar 20-25 knots," uangkap Taufiq Minggu (9/4).

BMKG Juanda juga memprediksi terdapat adanya gangguan Gelombang Rossby dan MJO secara spasial. Hari ini terpantau adanya bibit siklon 98S dan 90W, yang bisa berpotensi hujan ringan hingga lebat pada siang dan sore hari. 

Taufiq juga menambahkan kondisi cuaca di Jawa Timur hingga sepekan kedepan diprakirakan masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada pagi, siang dan sore di sebagian wilayah Jawa Timur antara lain Kab. Bangkalan, Kota Batu, Kab. Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kab. Jember, Kab. Jombang, Kab. Malang, Kab. Lamongan, Kab. Lumajang, Kab. Magetan, Kota Malang, Kab. Pamekasan, Kota Pasuruan, Kab. Ponorogo, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kota Surabaya, Kab. Tuban, Kab. Mojokerto, Kab. Pasuruan, Kab. Banyuwangi, Kab. Blitar, Kab. Gresik, Kab. Kediri, Kota Blitar, Kab. Madiun, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Probolinggo, Kab. Sampang, Kab. Tulungagung, Kota Kediri, Kab. Pacitan, Kota Probolinggo, Kab. Trenggalek, Kota Mojokerto.

"Masih terdapat potensi cuaca ekstrim dan potensi bencana hidrometeorologi dan gelombang tinggi di beberapa perairan dinjatim level waspada di Jawa Timur pada sepekan ke depan. Waspadai kondisi cuaca yang berubah secara tiba-tiba dalam masa peralihan," pungkasnya. (khu/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:45
02:45
00:46
05:00
11:55
13:30
Viral