rumah duda tua di eks lokalisasi Dolog ludes terbakar.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Gegara Rebus Kacang, Rumah Duda Tua di Eks Lokalisasi Dolog Ludes Terbakar

Senin, 17 April 2023 - 12:40 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Sebuah rumah di pemukiman padat penduduk eks lokalisasi Dolog, Desa Sumbersuko, Lumajang, ludes terbakar, Senin (17/4). Rumah diketahui milik Mistamar (68) yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung.

Kebakaran rumah milik korban pertama kali diketahui oleh Sukir, yang melihat adanya kepulan asap berwarna hitam pekat dari bagian belakang rumah korban. Mengetahui adanya kebakaran, Sukir langsung menghubungi perangkat Desa Sumbersuko yang langsung menghubungi pemadam kebakaran.

“Tadi sekitar pukul 9 saya dapat informasi dari warga jika rumah Pak Sukir terbakar. Informasi tersebut langsung saya teruskan ke pihak damkar, sementara saya langsung mendatangi lokasi kejadian,” kata Kasi Pemerintahan Desa Sumbersuko Jalu Rohadi kepada tvOnenews.com di lokasi.

Jalu menjelaskan bahwa insiden kebakaran ini diduga kuat dipicu oleh kelalaian korban. Pagi itu, korban sedang merebus kacang dengan tungku kayu bakar dan ditinggal ke depan rumah, sebelum akhirnya terbakar.

“Korban ini seorang duda tua, selama ini hidup sebatang kara dan menjadi pemulung. Nah, tadi pagi yang bersangkutan sedang merebus kacang ditungku terus ditinggal ke depan rumahnya. Rupanya api dalam tungku ini menyambar kayu bakar dan barang bekas lainya, sehingga dalam waktu singkat api langsung menjalar dan berkobar,” jelasnya.

Sebelum mobil Damkar datang, warga dengan peralatan seadanya berusaha memadamkan api agar tidak menjalar ke pemukiman warga lainnya. Namun akibat keterbatasan alat dan ketersediaan air, akhirnya rumah yang terbuat dari bambu ini langsung roboh dan rata dengan tanah.

“Kewalahan, api terlalu besar sementara banyak barang rongsokan yang mudah terbakar. Warga ya sempat panik takut meluas karena rumah korban langsung roboh sebelum mobil Damkar tiba di lokasi,” tutur Jalu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral