Warga Olehsari Banyuwangi Gelar Ritual Seblang.
Sumber :
  • happy oktavia

Masuk H+3 Lebaran, Warga Olehsari Banyuwangi Gelar Ritual Seblang

Selasa, 25 April 2023 - 21:57 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Desa Adat Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi menggelar tradisi Seblang, Selasa (25/4) sore. Tradisi kuno ini untuk mengusir wabah atau pagebluk. Tahun ini, ritual digelar pada H+3 lebaran dan berlangsung selama tujuh hari.

Ritual Seblang adalah tarian yang dibawakan seorang penari perempuan. Selama ritual, penari dalam kondisi tak sadar. Penarinya juga tak sembarangan. Dia harus memiliki garis keturunan langsung dari Penari Seblang pendahulunya dan dipilih melalui ritual khusus. Saat ini, masuk pada generasi ke tujuh. 

"Ini tradisi turun temurun, umurnya sudah sekitar dua abad," kata Kepala Desa Olehsari, Joko Mukhlis. 

Ritual Seblang diawali dengan selamatan desa. Penari kemudian diarak di tengah perkampungan. Menggunakan omprok mahkota berbahan hiasan daun pisang muda dan bunga, penari meliuk mengelilingi arena. Alunan gamelan dan lirik gending khas Osing mengiringinya. 

"Lirik Osing ini mengisahkan perjuangan. Seblang ini memang sudah ada sebelum era perjuangan," jelasnya. 

Ritual seblang diakhiri dengan pembagian bunga durno, yaitu Bunga Kenanga dan Cempaka yang dirangkai dengan lidi bambu. Bunga ini diyakini bisa memberikan keberuntungan. Bahkan dipercaya bisa mendatangkan jodoh.  

Ritual Seblang digelar selama tujuh hari. Setiap harinya warga berbondong-bondong melihat ritual kuno tersebut. Bahkan, sejumlah wisatawan dari luar Banyuwangi juga datanguntuk melihat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
23:20
01:42
10:39
02:06
01:02
00:50
Viral