Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Anomali Cuaca, Banyuwangi Siaga Wabah Demam Berdarah

Jumat, 5 Mei 2023 - 10:05 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Cuaca ekstrim, hujan panas yang tak menentu membuat Pemkab Banyuwangi siaga. Kondisi ini rawan serangan demam berdarah (DBD). Tak hanya itu, rawan juga kasus infeksi saluran pernafasan. Seperti flu dan batuk.

Kasus serangan demam berdarah, flu dan batuk di Banyuwangi belakangan, sedikit meningkat. Namun, masih dalam kategori landai. 

“Laporan yang diterima dari beberapa fasilitas kesehatan memang ada peningkatan. Tapi tidak signifikan, masih kategori landai,” kata Plt Kepala Dinkes Banyuwangi, Amir Hidayat, Jumat (5/5).

Menurutnya, kasus DBD wajib mendapat perhatian serius. Sebab, penyakit dari nyamuk Aedes Aegypti ini berkembang biak di genangan air dan botol-botol bekas yang terkena hujan.

Pihaknya mengimbau, masyarakat aktif melakukan pencegahan DBD. Yakni, melalui menguras, menutup penampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi memicu genangan air.

Serangan DBD ini juga cukup rawan. Pasalnya, jika ada orang yang telah terjangkit bisa menyebar hingga radius 100 meter di sekitarnya. 

“Jadi, ini yang harus diwaspadai. Caranya dengan 3M tadi,” tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
08:21
Viral