KH Abdus Salam Shohib (depan tengah).
Sumber :
  • umar sanusi

PCNU Jombang Tunjukan PBNU Dianggap Tidak Sah, Gus Salam dan Kawan-kawan akan Kirim Somasi

Minggu, 21 Mei 2023 - 08:03 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah melantik pengurus PCNU Jombang hasil penunjukan. KH. Fahmi Amrullah Hadzik, ditunjuk sebagai ketua Tanfidziyah dan KH Achmad Hasan sebagai Rais Syuriyah dalam kepengurusan PCNU tunjukan PBNU tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Maarif Denanyar, Jombang, KH. Abdus Salam Sohib menganggapi bahwa penunjukan pengurus PCNU tersebut tidak sah. Saudara sepupu Gus Dur dari ibu ini menganggap, putusan PBNU tersebut telah menyalahi AD/ART dan juga Peraturan Perkumpulan (Perkum).

Gus Salam juga menambahkan, proses Konfercab (proses untuk pemilihan pengurus) PCNU Jombang pada 18 Juli 2022 lalu, telah diskors oleh PBNU yang menjadi pimpinan sidang langsung, meski dengan alasan yang tidak jelas.

"Kita hampir satu tahun menunggu pencabutan skorsing untuk melakukan proses Konfercab. Tapi yang kita dapatkan adalah pelantikan pengurus PCNU hasil penunjukan. Padahal skorsing belum dicabut," ungkap Gus Salam, Sabtu sore.

Gus Salam yang didampingi sejumlah pengurus MWCNU dan Ranting NU juga menegaskan, pemilihan ketua PCNU merupakan kedaulatan dari pengurus MWCNU dan ranting. Namun, hal itu tidak dilakukan PBNU dan malah menunjuk langsung pengurus PCNU Jombang.

"Kepengurusan PCNU yang definitif kedaulatan dari MWCNU dan Ranting NU. Tetapi tidak dilakukan (PBNU). Maka itu seperti merampas haknya MWCNU dan Ranting NU dalam proses pemilihan struktur PCNU Jombang," tandasnya.

Menurut peraturan yang berlaku, tambah cucu KH Bisri Syansuri salah satu pendiri NU ini, kemungkinan penunjukan pengurus definitif itu setelah berakhirnya perpanjangan caretaker yang kedua.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral