Aktivis NU somasi PBNU, agar cabut SK pelantikan pengurus PCNU Jombang hasil tunjukan.
Sumber :
  • tim tvone - umar sanusi

Aktivis NU Somasi PBNU, agar Cabut SK Pelantikan Pengurus PCNU Jombang Hasil Tunjukkan

Selasa, 23 Mei 2023 - 11:49 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Ancaman akan membawa ke ranah hukum bukan hanya gertak sambal. Sekelompok aktivis NU Jombang, telah mengawali dengan mengirim somasi ke PBNU di Jakarta. Selain mengirimkan somasi secara resmi melalui pos, somasi juga diwarnai aksi tanda tangan di atas spanduk dari sejumlah kader NU sebagai bentuk protes atas pelantikan pengurus PCNU Jombang oleh PBNU, pada Sabtu (20/5) lalu.
 
Pelantikan pengurus PCNU dengan mekanisme penunjukan ini dinilai cacat hukum, sehingga mereka mendesak PBNU mencabut SK pengurus PCNU 2023-2024 itu.
 
Para tokoh NU ini mendesak PBNU segera menggelar konferensi cabang dan mencabut skors pleno pada Konfercab 14 Juli 2022 lalu.
 
"Jadi saya bersama dengan para aktivis NU yang ada disini akan mengirimkan somasi kepada PBNU sebagai bagian dari saling menasehati dan saling  mengingatkan yang menurut kami adalah menyalahi aturan," kata Pengasuh Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang, Abdus Salam Sohib atau Gus Salam, Senin, 22 Mei 2023.
 
"Kami akan menunggu respon satu minggu untuk somasi pertama," jelas Gus Salam.
 
Jika somasi pertama tidak mendapatkan tanggapan, maka bakal dilakukan tindakan berikutnya hingga proses hukum melalui jalur di pengadilan.
 
"Somasi kedua jika tidak ada tanggapan lagi kami akan melayangkan proses hukum perdata melalui jalur Pengadilan," tandasnya.
 
Wakil Ketua PWNU Jawa Timur yang juga merupakan cucu salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri ini juga mendesak PBNU membentuk majelis tahkim internal. Majelis itu nantinya jika memang sepakat dibentuk,  anggotanya terdiri dari para kiai sepuh atau ulama khos sebagai salah satu ijtihad menemukan solusi terhadap persoalan aturan di organisasi.

"Sehingga kalau ada sengketa aturan di internal NU ada yang menghakimi," kata Gus Salam.
 
Seperti diberitakan, PBNU telah melantik dan memberikan SK pengurus PCNU Jombang yang dilakukan dengan mekanisme penunjukan pada Sabtu, 20 Mei 2023 lalu.
 
Pelantikan ini terjadi setelah sebelumnya PBNU menganulir konfercab PCNU Jombang pada 5 Juni 2023 lalu. (usi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral