Forum Percepatan Industri Halal Jawa TImur.
Sumber :
  • hentty kartika

Beri Perlindungan Halal Bagi Konsumen, Gubernur Khofifah Perkuat Juleha dan RPH 

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:46 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus, menggelar Forum Percepatan Industri Halal Jawa Timur di Islamic Centre Surabaya untuk mewujudkan industri halal di Jawa Timur, Rabu (24/5).

Upaya percepatan industri halal di Jatim ini, salah satunya diwujudkan dengan penguatan juru sembelih halal atau Juleha dan juga Rumah Potong Hewan (RPH) halal. 

Gubernur Khofifah menegaskan, penguatan juru Juleha dan RPH halal ini, sangat penting untuk mendukung percepatan industri halal yang ada di Jawa Timur. Sebab keberadaan Juleha maupun RPH halal, merupakan bagian dari ikhtiar memberikan perlindungan halal bagi konsumen.

"Kita ingin memberikan layanan terbaik kepada masyarakat termasuk di dalamnya perlindungan konsumen, bagaimana masyarakat muslim mendapatkan perlindungan kehalalan dari produk yang dikonsumsinya," kata Gubernur Khofifah. 

Sebagai wilayah dengan mayoritas penduduk beragama Islam, ekonomi Jawa Timur didukung ekonomi syariah, salah satunya dukungan dari industri halal. Oleh sebab itu, terjaminnya produk yang halal menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

Bukan hanya mendapat atensi dari negara-negara muslim di dunia, bahkan saat ini menjadi isu global yang terus berkembang. Tak hanya itu, jaminan produk halal sekarang telah mendapat pengakuan dari World Trade Orpanization (WTO). 

Berdasar data Global Islamic Economy Indicator dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022, ternyata ekonomi syariah Indonesia menempati posisi setelah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral