Pemberangkatan calon jemaah haji asal Banyuwangi yang berlangsung mendadak, Kamis (8/6) siang..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Pindah Kloter, 52 Calon Jemaah Haji Banyuwangi Berangkat Mendadak

Kamis, 8 Juni 2023 - 14:44 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Gegara pindah kloter, sebanyak 52 calon jemaah haji asal Kabupaten Banyuwangi terpaksa berangkat mendadak, Kamis (8/6) siang. Mereka berangkat ke Asrama Haji Surabaya sebelum akhirnya diterbangkan ke Tanah Suci, bergabung bersama kloter 43 dari Malang dan Gresik.

Awalnya, calon jemaah haji asal Banyuwangi akan diberangkatkan dalam kloter 62, 63 dan 64. Namun, mendadak muncul panggilan akibat pembatasan kloter. Kebetulan, kloter 62 inilah yang terkena pembatasan kloter. Sebelumnya, satu kloter kuotanya mencapai 450 orang, lalu dipangkas 400 orang. Dampaknya, 50 calon jemaah haji terpaksa pindah kloter. 

“Ini yang menyebabkan 52 calon jemaah asal Banyuwangi diberangkatkan mendadak,” kata Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Moh Jali.

Dari pembatasan kuota ini, ada dua kloter yang berpotensi terisi. Masing-masing kloter 37 dan 48. Namun, keputusan terakhir dimasukkan dalam kloter 43. Informasi keberangkatan calon jemaah haji asal Banyuwangi ini juga mendadak. 

"Tadi malam saya ditelepon dari asrama haji, agar jemaah diberangkatkan masuk asrama hari ini. Ini yang membuat kaget. Atas dasar itu, kami mohon maaf dengan keluarga jemaah," tegasnya.

Meski mendadak dan waktu terbatas, seluruh jemaah menyatakan siap berangkat hari ini. Mereka diberangkatkan dari Masjid Ahmad Dahlan, Banyuwangi, menjelang zuhur. Mereka diangkut dua bus. Tiba di Surabaya, calon jemaah haji ini akan langsung mengikuti proses administrasi.

Tahun ini, sebanyak 971 orang calon jemaah haji Banyuwangi akan berangkat ke Tanah Suci. Mereka rencananya akan berangkat ke asrama haji pada 15 Juni mendatang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral