Gubernur Khofifah, melakukan sidak sapi peternak hewan kurban, di Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah Pastikan Stok Hewan Kurban di Jatim Cukup

Kamis, 8 Juni 2023 - 17:42 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.comGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memastikan stok hewan kurban di wilayahnya, dalam kondisi aman, sehat dan cukup. Khofifah mempersilakan daerah lain yang butuh hewan kurban, untuk membeli dari para peternak di Jatim.

Gubernur Khofifah, melakukan sidak sapi peternak hewan kurban, di Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, Kamis (8/6). Pada kesempatan itu Khofifah menegaskan, bahwa stok hewan kurban untuk wilayah Jatim dipastikan aman.

Menurut Khofifah, jumlah hewan sapi di Jatim yang siap dijadikan kurban, sebanyak 1 juta 3 ribu ekor. Sementara kebutuhan hewan kurban sapi di Jatim, hanya sekitar 54 ribuan ekor.

Sementara kebutuhan hewan kurban kambing sebanyak 2 ratus 70 ribu ekor, dan hewan domba sebanyak 200 an ribu ekor. Selain itu ada hewan kurban kerbau di Jatim sekitar 4 ribu ekor, sementara kebutuhannya hanya 13 ekor saja. Hewan kerbau memang menjadi pilihan terakhir untuk kurban, apabila hewan sapi langka di pasaran.

"Kondisi sapi pertenak untuk hewan kurban di Jatim aman dari penyakit mulut dan kuku, ataupun penyakit lumpy skin disease (LSD). Sebab hewan kurban di Jatim rata-rata sudah divaksin, sehingga dipastikan dalam kondisi sehat," pungkasnya. (khu/gol)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral