Parade Musik Tongtong.
Sumber :
  • Tim tvOne/Veros Afif

Peringati Bulan Bung Karno, Warga Sumenep Madura Gelar Parade Musik Tongtong

Minggu, 11 Juni 2023 - 03:14 WIB

Sumenep, tvOnenews.com - Memeringati bulan Bung Karno, berbagai kegiatan se-Nusantara pun digelar, tanpa terkecuali ribuan warga Kota Sumenep, Jawa Timur, tumpah ruah di jalanan kota untuk menyaksikan parade musik tradisional Tongtong pada Sabtu (10/6/2023) malam. Parade musik Tongtong ini sengaja digelar untuk memeriahkan bulan Bung Karno, sang Proklamator Indonesia.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Bulan Juni adalah bulan bersejarah bagi Insinyur Soekarno. Selain di dalamnya ada Hari Kelahiran Pancasila, Bulan Juni juga merupakan bulan lahir dan wafat Presiden pertama Indonesia ini.

"Masyarakat Madura khususnya Warga Sumenep harus terus mengenang sejarah Bangsa ini. Termasuk menjadikan semangat sang Proklamator merasuk ke dalam jiwa setiap anak bangsa. Sebagai pengingat, kami sengaja menggelar parade musik tradisional tongtong ini," terang Bupati Achmad Fauzi yang juga sebagai Ketua DPC PDIP Sumenep, Sabtu (10/6/2023) petang.

Parade musik tradisional Tongtong itu sendiri mampu menyedot animo masyarakat Kota Sumenep. Mereka rela berdiri di sepanjang jalan yang akan dilintasi kereta tongtong.

"Saya memang senang dengan musik tongtong. Karena unik dan iramanya khas. Iya ini nunggu disini dengan yang lain. Mumpung libur juga besok. Senang aja dengan hiburan ini. Iya saya juga tahu jika bulan Juni adalah bulan Bung Karno," kata Natasya Wildan, salah seorang penonton di lokasi.

Musik tongtong adalah musik tradisional Madura, yang dimainkan dengan puluhan alat musik. Diantaranya gamelan, drum plastik, terompet, saronen, serta masih banyak alat musik lainnya. Iring-iringan kereta musik tongtong dilepas oleh Bupati Fauzi dari depan rumah dinas dan finish di Lapangan Kerapan Sapi Giling. (vaf/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral