Viral Rombongan Siswa SD Muhammadyah Surabaya Study Tour ke Jepang.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Viral Rombongan Siswa SD Muhammadyah Surabaya Study Tour ke Jepang, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Selasa, 13 Juni 2023 - 21:15 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Video rombongan siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadyah 4 Surabaya study tour ke Jepang viral di media sosial. Kepala Sekolah SD Muhammadyah 4 Surabaya menjelaskan jika anak didiknya bukan sekedar study tour, namun program study exchange, semacam pertukaran pelajar dengan belajar sejumlah mata pelajaran di Jepang bersama siswa setempat.

Dalam video yang kini viral di media sosial ini tampak sejumlah siswa SD Muhammadyah 4 Jl Pucang, Surabaya, berjalan di salah satu sudut jalan di Jepang. Dalam caption video tersebut disebutkan rombongan siswa tengah mengikuti study tour di Negeri Sakura.

Menanggapi viralnya video tersebut, Kepala Sekolah SD Muhammadyah 4 Surabaya, Edy Susanto menyebutkan, bahwa anak didiknya tidak sekedar mengikuti study tour sebagaimana sekolah pada umumnya.

“Namun, 12 anak didik saya yang berangkat ke Jepang tersebut mengikuti program sekolah study exchange, semacam duta pertukaran pelajar. Jadi mereka belajar bersama siswa SD di Jepang di dalam kelas maupun di luar,” ungkap Edy Susanto, Kepala Sekolah SD Muhammadyah 4 Surabaya.

Menurut Edy, study exchange ini merupakan program tahunan yang digelar pihak sekolah dan diikuti siswa kelas 4, 5 dan 6. Bagi siswa yang berminat ikut program ini harus mendaftar terlebih dulu, dan diketahui oleh wali murid. Program ini mengajak anak didiknya belajar keluar negeri.

“Jadi, program ini tidak hanya belajar di Jepang. Namun, tahun-tahun sebelumnya juga pernah belajar di Singapore dan Malaysia. Saat study exchange di Jepang setiap siswa dikenai biaya 38 juta rupiah selama 9 hari,” jelas Edy.

“Saat di Jepang, para siswa ini ikut belajar dengan siswa salah satu sekolah di Jepang, diantaranya belajar origami, matematika, dan bahasa inggris. Tak haya itu, mereka juga bermain sepak bola bersama dengan siswa di Jepang,” papar bapak 2 putri ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:25
02:55
01:16
04:03
01:20
01:19
Viral