Pengecekan sapi di Sidoarjo jelang Idul Adha.
Sumber :
  • khumaidi

Jelang Idul Adha, Petugas Cek Kesehatan Hewan Kurban di Sidoarjo

Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:36 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com – Petugas Dinas Pertanian Sidoarjo mengecek kesehatan hewan kurban di beberapa tempat pasar hewan di Sidoarjo. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang membutuhkan hewan kurban menjelang Idul Adha

Dalam sidaknya, petugas fokus memeriksa kesehatan hewan kurban mulai dari mulut, kulit, dan memberikan semprotan disinfektan, di lokasi penjualan hewan kurban di beberapa lokasi yang tersebar di wilayah Sidoarjo. 

Kepala Bidang Produksi Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo drh. Tony Hartono mengatakan, bahwa Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo menetapkan ada 31 titik lapak hewan kurban tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Sidoarjo. 

Antara lain, di Kecamatan Sidoarjo ada di lapangan sebelah Balai Desa Sarirogo dan di lahan Pasar Loak Kelurahan Gebang. Di Kecamatan Buduran ada di Jalan Lingkar Timur di Desa Prasung, di belakang Museum Mpu Tantular dan di Jalan Sidokepung.

"Penetapan lokasi penjualan hewan kurban tersebut agar memudahkan pengawasan hewan. Di titik tersebut dipantau. Nantinya juga ada pemeriksaan antemortem sebelum dipotong," kata Tony di lokasi, Jumat (16/6). 

Tony menjelaskan, bagi calon pembeli, disarankan membeli di titik-titik penjualan yang sudah ditetapkan Pemkab Sidoarjo, sebagai antisipasi hewan yang dibeli tidak terjangkit penyakit seperti virus Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit kulit seperti cacar yang saat ini masih banyak menjangkiti sapi di Sidoarjo.

"Sebaiknya beli sesuai di lokasi yang ditetapkan, untuk pengendalian penyakit," jelas Tony. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
Viral