Jenis kapal ikan yang dilaporkan menabrak karang di perairan Alas Purwo, Banyuwangi, Sabtu (24/6/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Tabrak Karang di Perairan Alas Purwo Banyuwangi, Satu ABK Kapal Ikan Meregang Nyawa Kelelahan Berenang

Minggu, 25 Juni 2023 - 08:49 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Sebuah kapal ikan sarat muatan mengalami kecelakaan di Perairan Gedek, Alas Purwo, Banyuwangi, Sabtu (24/6/2023) sore. Dugaan sementara, kandasnya kapal tersebut akibat menabrak Karang.

Satu anak buah kapal (ABK) dilaporkan meninggal dunia. Diduga, korban kelelahan berenang. Tim SAR gabungan masih berusaha mengevakuasi para ABK kapal ikan yang masih berada di dalam kapal.

Kapal ikan nahas asal Pekalongan, Jawa Tengah, Sumber Berkat dengan 29 ABK sedianya akan menyandar di Pelabuhan Tanjungwangi, banyuwangi, untuk membongkar muatan ikan yang dibawanya. Namun nahas, sebelum sampai di pelabuhan kapal menabrak karang.

“Informasi berasal dari laporan orari. Infonya ada kapal menabrak karang dan kandas. Setelah kita tindak lanjuti ternyata benar,” kata Kepala Pos SAR Ketapang, Banyuwangi, Wahyu Setia Budi.

Begitu mendapat kabar, pihaknya langsung mengerahkan tim ke lokasi. Namun, perjalanan ke lokasi tak bisa cepat. Sebab, jaraknya cukup jauh. Dari kota Banyuwangi membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Informasi yang diperoleh tim SAR, satu ABK dilaporkan meninggal. Sedangkan 8 ABK masih tertahan di dalam kapal. Sementara, 21 ABK lainnya dikabarkan sudah berhasil menepi dengan cara berenang.  

“ Informasi yang kami terima, 1 ABK meninggal, 8 masih di kapal,” jelasnya.

Kronologis kandasnya kapal ikan ini masih misterius. Dugaan sementara, akibat ombak besar, kapal ini menabrak batu karang. Lalu, kandas. Para ABK memilih berenang ke pesisir untuk menyelamatkan diri. Saat berenang inilah diduga satu ABK meregang nyawa. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral