Mobil Penumpang Tersambar Ka di Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Mobilio Berpenumpang Tersambar KA Sritanjung di Banyuwangi

Rabu, 28 Juni 2023 - 14:57 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Sebuah mobil Honda Mobilio tersambar kereta api (KA) Sritanjung di lintasan Lingkungan Klatak, Kalipuro, Banyuwangi, Rabu (28/6). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sementara dua penumpang mobil mengalami luka-luka.

Dua korban adalah pasangan suami istri. Mereka masing-masing Hariono (53) dan istrinya Santi Wijayanti (46). Kejadian nahas ini bermula ketika KA jurusan Banyuwangi – Yogyakarta melintas dari arah Stasiun Ketapang, Banyuwangi. Sebelum melintas ke rel tanpa palang pintu, masinis KA sudah berkali-kali membunyikan klakson.

Begitu gerbong memasuki TKP, mendadak muncul Honda Mobilio yang dikemudikan korban. Kontan saja, tabrakan tak terhindarkan. Moncong lokomotif menyambar bagian depan mobil. Mobil bernopol P 1884 WR ini terpental. Kondisinya ringsek di bagian depan dan samping.

Melihat ada mobil tertemper, masinis menghentikan laju KA. Warga di sekitar lokasi langsung berhamburan memberikan pertolongan. Kedua korban di dalam mobil dilarikan ke RS Yasmin, Banyuwangi. Tak hanya mobil yang rusak, beberapa bagian lokomotif juga mengalami kerusakan. Setelah dilakukan pemeriksaan, KA kelas ekonomi ini kembali melanjutkan perjalanan. 

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan aman, KA kembali melanjutkan perjalanan. Terjadi keterlambatan sekitar 12 menit,” kata Plh. Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Anwar Yuli Prastyo.

Pihaknya juga melaporkan kejadian ini ke Polsek Kalipuro. Menurutnya, sesuai Undang – undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 114 huruf (b) disebutkan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi wajib mendahulukan KA. 

“Kami mengimbau pengguna jalan selalu berhenti dulu sebelum melintas di lintasan sebidang,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral