Budaya ter-ater di Bangkalan saat Idul Adha.
Sumber :
  • dimas farik

Mengenal Budaya Ter-ater Ajhem Adhun di Bangkalan Madura Saat Idul Adha

Kamis, 29 Juni 2023 - 13:11 WIB

Bangkalan, tvOnenews.com - Momen lebaran Idul Adha selalu dirayakan dengan penuh suka cita oleh masyarakat Indonesia, termasuk dengan berbagi makanan atau kuliner khas kepada para tetangga dan sanak keluarga. Seperti yang biasa dilakukan oleh warga Madura, termasuk di Bangkalan. Tradisi ini dinamai Ater-ater atau ter-ater (antar-antar).

Tradisi ter-ater ajhem (mengantarkan ayam) adhun atau makanan yang lengkap dengan lauk pauknya, diberikan kepada keluarga maupun tetangga sekitar rumah.

"Momen semacam ini biasanya disukai para anak-anak, dengan mengikuti ibunya saat mengantarkan makanan. Karena ia juga bisa mendapatkan uang dari orang yang diberikan makanan. Sebaliknya jika tetangga itu ater-ater ke rumah saya, kalau ada anaknya yang ikut ater-ater akan diberi uang semampunya," kata Abdurrahim, warga Burneh Bangkalan, Kamis (29/6).

Lanjutnya, ater-ater ajhem adhun ini merupakan cara masyarakat Bangkalan untuk berbagi atau bersedekah makanan di momen lebaran, sekaligus untuk mempererat hubungan silaturahmi.

"Makanan yang paling utama untuk dihantarkan yakni ajhem adhun. Sebuah kuliner khas daerah setempat, yang terbuat dari ayam kampung panggang, dengan kuah santan kental," tuturnya.

Ia mengtakan, menu istimewa dan khas racikan warga Desa Burneh dan Langka Bangkalan adalah ajhem adhun, yang dikenal memiliki cita rasa yang lezat.

"Kuliner ajhem adhun ini bisa disajikan bersama nasi, atau bisa juga dengan ketupat maupun lontong. Bila dipadukan dengan ayam panggang khususnya ayam kampung dan dicampur dengan kuah santan kental, serta sambal bujhe cabbih (sambel cabai), memiliki kenikmatan rasa yang legendaris, terutama di kalangan masyarakat Bangkalan sendiri. Karena masakan ini hanya ada di wilayah Burneh Bangkalan, maka warga setempat maupun dari masyarakat luar daerah yang datang, akan disuguhkan hidangan ajhem adhun ini," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral