Festival 1000 Kitiran di Trenggalek, Sebuah Perjuangan Jauhkan Anak Dari Racun Gadget.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Festival 1000 Kitiran di Trenggalek, Sebuah Perjuangan Jauhkan Anak Dari Racun Gadget

Senin, 17 Juli 2023 - 15:34 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com - Upaya penyelamatan anak dari racun Gadget, dengan mengalihkan ke permainan tradisional mulai gencar dilakukan di Kabupaten Trenggalek. Seperti festival 1000 kitiran yang digelar di Dusun Tambakboyo, Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, tepatnya di Widoro Fish Garden.

Ribuan kincir terpasang di sepanjang jalan masuk ke kolam Widoro Fish Garden hingga di pinggir kolam ikan.

Terlihat antusias anak-anak kecil berlarian diantara barisan kincir angin warna-warni, yang berputar kencang dihembus angin.

Menurut pengelola Widoro Fish Garden, Yabani menjelaskan pembuatan kitiran atau kincir angin tersebut melibatkan 5 RT di Dusun Tambakboyo.

"Ini merupakan hasil karya anak-anak dusun sini, satu RT awalnya ditarget 200 kitiran, namun ternyata melebihi target hingga 1500 kitiran," ucap Yabani saat dikonfirmasi di tempat Festival.

Dengan adanya even tersebut diharapkan anak-anak di Dusun Tambakboyo lebih mengenal permainan tradisional yang melatih motorik kasar dan halus, melatih kreativitas, kerjasama, serta mengenal potensi lingkungan masing-masing.

"Saat ini banyak anak kecil terutama anak yang masih duduk di SD setiap harinya bermain gadget, mereka sudah meninggalkan permainan tradisional yang dulu sebelum kita mengenal HP, kitiran tersebut dibuat mainan,” terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral