Ribuan tetrapod yang dikirim ke Pulau Fani.
Sumber :
  • m habib

Cegah Abrasi di Kawasan Raja Ampat, 2.630 Unit Pemecah Gelombang Dikirim ke Pulau Fani

Rabu, 19 Juli 2023 - 19:21 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Ribuan unit beton pemecah gelombang jenis tetrapod dikirim ke Pulau Fani, Raja Ampat, Papua Barat Daya, untuk melindungi dari ancaman abrasi dan mencegah kerusakan akibat terjangan gelombang besar air laut, di kawasan wisata Raja Ampat yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata prioritas oleh pemerintah, Rabu (19/7).

Pasokan sebanyak 2.630 unit pemecah gelombang jenis tetrapod, dengan berat 1,2 ton per unitnya tersebut dilakukan oleh Varia Usaha Beton (VUB), unit usaha dari SIG, pada bulan Juli 2023. Pemecah gelombang yang dipasok ke Pulau Fani Raja Ampat itu diproduksi di Plant Beton Precast VUB Gresik.

Vita Mahreyni, Corporate Secretary SIG mengatakan, tetrapod buatan VUB di Pulau Fani digunakan untuk memecah gelombang ombak air laut agar tidak merusak keindahan dan keasrian pantai, sekaligus melindunginya dari ancaman abrasi. Keberadaan Pulau Fani yang merupakan pulau terluar, dan terletak di Samudera Pasifik, membuatnya memiliki potensi abrasi yang cukup besar.

“Tetrapod produk dari VUB terbukti unggul secara kualitas karena diproduksi dengan bahan dasar DuPro+, produk SIG yang menghasilkan beton dengan panas hidrasi rendah dan ketahanan optimal terhadap sulfat serta klorida. Keunggulan lain yang tak kalah pentingnya yaitu ketepatan dalam jumlah dan waktu produksi, serta proses pengiriman,” ujar Vita.

Pemecah gelombang tetrapod buatan VUB juga telah dipasok ke sejumlah proyek srategis, diantaranya Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto, sebanyak 586 tetrapod dengan berat 1,8 ton per unit, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang sebanyak 1.000 unit dengan berat satu ton, dan kawasan wisata Tanah Lot di Bali dengan jenis tetrapod yang dipasok seberat 10 ton per unit.

Kontribusi dalam berbagai proyek pembangunan di Tanah Air tersebut menunjukkan kepercayaan publik yang tinggi terhadap produk-produk VUB.

“SIG berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan solusi layanan dan produk yang memenuhi beragam kebutuhan pembangunan. Ini adalah bukti bahwa solusi dari SIG bukan hanya untuk konstruksi perumahan dan infrastruktur, tapi juga untuk pengendalian lingkungan dengan memanfaatkan solusi seperti tetrapod ini. Hal ini sejalan dengan komitmen sustainability SIG pada pilar Mendorong Solusi dan Inovasi Berkelanjutan,” tambah Vita.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:16
02:20
09:45
06:41
02:45
00:46
Viral