Banyaknya Tradisi Ritual dan Selamatan di Bulan Suro, berkah bagi Pedagang Pisang di Magetan.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Banyaknya Tradisi Ritual dan Selamatan di Bulan Suro, Jadi Berkah bagi Pedagang Pisang di Magetan

Kamis, 20 Juli 2023 - 12:23 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Banyaknya tradisi ritual maupun selamatan menyambut bulan Suro atau Muharam yang digelar oleh warga, menjadi berkah tersendiri bagi petani dan pedagang pisang jenis Ambon dan Raja di Magetan, sejak tiga hari terakhir. 

Banyaknya permintaan pisang ini, harganya pun merangkak naik hingga 70 persen dari hari-hari biasanya. Bahkan para petani pisang dari Kecamatan Plaosan, Panekan, Poncol dan Ngariboyo pun datang sendiri ke pasar Sayur Magetan menggunakan mobil pick up untuk menjual langsung ke pembeli.

Sardi (58) petani pisang raja dari Panekan Magetan mengaku, membawa 20 tandan pisang raja ke pasar sayur Magetan. Belum sampai 3 jam, pisang yang ia bawa langsung dari kebun miliknya pun ludes terjual. 

“Wah ramai mas full pembeli, yang dicari adalah pisang raja. Pisang ini jadi sarana untuk ritual atau selamatan bulan suro,” kata Sardi di pasar Sayur Magetan, Kamis (20/7).  

Selain permintaan meningkat, dimana para pedagang biasanya mampu menjual pisang Raja atau Ambon antara 5 hingga 8 tandan pisang saja per hari, kini mereka bisa menjual 15 hingga 20 tandan pisang per harinya. 

Tak hanya itu, Sardi mengaku harga pisang tersebut sekarang juga mahal. Satu tandan pisang raja berukuran besar yang biasa dijual dengan 400 hingga 500 ribu rupiah, kini naik mencapai 700 ribu rupiah per tandan.

“Naik harganya sekarang mas mahal pisang, biasanya per tandan itu paling 300 ribu sekarang ada yang 500 ribu malah ada yang 750 ribu rupiah,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral