Festival Gerebek Suro di Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Memasuki Bulan Suro, Warga Lereng Gunung Raung Gelar Selamatan 5000 Tumpeng

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:25 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Memasuki bulan Suro atau Muharam, warga Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi menggelar ritual selamatan bumi, Rabu (19/7) malam. Kegiatan ini sebagai bentuk doa memohon keselamatan di momen tahun baru Hijriah dan tahun baru Jawa. 

Ritual diawali dengan mengarak tumpeng berkeliling dusun. Tumpeng dibuat dengan hiasan unik, ditata di dalam miniatur rumah. Ada juga yang dibuat mirip bangunan masjid. Seluruhnya terlihat indah dengan ornamen janur kuning. Warga juga menghiasnya dengan beragam hasil bumi. 

Arak-arakan tumpeng diiringi dengan alunan musik hadrah. Warga ikut berbondong-bondong mengiringi di belakangnya. Seluruhnya terlihat kompak, gembira. Usai diarak, seluruh tumpeng dikumpulkan di lapangan dusun. 

Puncak ritual diisi dengan doa bersama. Menariknya, doa dipimpin oleh perwakilan tokoh masing-masing agama di dusun setempat. Ada Islam, Hindu dan Kristen. Usai doa, ritual diakhiri dengan menyantap tumpeng bersama. 

"Ini kegiatan rutin tahunan. Tujuannya, memohon berkah keselamatan dusun di momen tahun baru Hijriah. Sekaligus nguri-nguri tradisi warisan leluhur," kata Kepala Desa Jambewangi, Maskur. 

Warga mengenal kegiatan ini dengan Festival Gerebek Suro. Jumlah tumpeng yang dibuat warga mencapai 5000 tumpeng. Seluruhnya hasil swadaya warga secara gotong royong. 

Selain keselamatan, warga juga menggelar doa untuk para pejuang yang sudah memerdekakan Indonesia. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral